PENGARUH INTENSITAS MORAL, KOMITMEN PROFESIONAL DAN LOCUS OF CONTROL MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TINDAKAN WHISTLEBLOWING (Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Telkom University Tahun 2018-2021)

MUCHAMAD LUTHFY ABDUL KODIR

Informasi Dasar

22.04.3560
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Marak nya isu pelanggaran maupun kecurangan dalam bisnis dan profesi menarik perhatian publik, terutama pada bidang akuntansi. Akibatnya, kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntansi telah menurun. Salah satu cara untuk mengembalikan kepercayaan publik adalah dengan melakukan whistleblowing. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah Pendidikan mengenai etika, moral, komitmen profesional dan pengendalian diri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh intensitas moral, komitmen profesional dan locus of control terhadap tindakan whistleblowing. Objek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa program studi S1 Akuntansi Telkom University tahun 2018-2021. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa program studi S1 Akuntansi Telkom University. Pengumpulan sampel menggunakan teknik convenience sampling didapatkan jumlah sampel dari penelitian sebanyak 145 responden. Dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil pengujian menggunakan software SPSS 25, didapatkan hasil secara simultan variabel independen yang terdiri dari intensitas moral, komitmen profesional dan locus of control berpengaruh simultan terhadap whistleblowing. Untuk pengujian secara parsial menunjukan hasil bahwa variabel komitmen profesional dan locus of control external tidak berpengaruh secara parsial terhadap tindakan whistleblowing, kemudian variabel intensitas moral dan locus of control internal berpengaruh secara parsial terhadap tindakan whistleblowing. Berdasarkan hasil penelitian, Bagi perusahaan berdasarkan hasil penelitian intensitas moral dan locus of control internal memiliki pengaruh terhadap whistleblowing. Demikian perusahaan disarankan memberikan pelatihan moral kepada karyawan melalui pengenalan whistleblowing. Dengan pelatihan moral serta pengenalan whistleblowing tersebut diharapkan mampu meningkatkan akuntabilitas dalam aktivitas usaha dan diharapkan intensi melakukan whistleblowing dapat lebih meningkat.

Kata kunci: Intensitas Moral, Komitmen Profesional, Locus of Control. Tindakan Whistleblowing.

Subjek

Auditing
WHISTLE BLOWING,

Katalog

PENGARUH INTENSITAS MORAL, KOMITMEN PROFESIONAL DAN LOCUS OF CONTROL MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TINDAKAN WHISTLEBLOWING (Studi Empiris pada Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Telkom University Tahun 2018-2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUCHAMAD LUTHFY ABDUL KODIR
Perorangan
Hendratno
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI213 - AUDITING 1
  • SA615023 - AUDITING 2
  • ACH3C3 - AUDITING I
  • ACH3K4 - AUDITING II
  • ACH3P3 - INTERNAL AUDIT
  • EAI3173 - INTERNAL AUDIT
  • ACH2H3 - PERILAKU ORGANISASI DALAM INTERNAL AUDIT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini