Pengaruh Slack Resources, Leverage dan Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi pada Perusahaan Indeks LQ45 Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 - 2020)

RYAN SYAHPUTRA

Informasi Dasar

22.04.3562
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemahaman tentang praktik CSR di Indonesia masih tergolong rendah dan berimbas pada implementasi kegiatan perusahaan. Perusahaan indeks LQ45 non-keuangan periode 2017-2020 hanya menerapkan sebagian dari GRI Standards dan masih tergolong rendah untuk perusahaan LQ45 dengan prospek pertumbuhan ekonomi cukup baik dan diminati oleh para investor. Corporate social responsibility disclosure menjadi kewajiban bagi perusahaan karena sudah diatur dalam undang-undang. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi corporate social responsibility disclosure yaitu slack resources, leverage dan kinerja lingkungan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis slack resources, leverage, kinerja lingkungan dan corporate social responsibility disclosure. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial dari menganalisis slack resources, leverage dan kinerja lingkungan terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan indeks LQ45 non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017 - 2020. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini memiliki 52 data observasi yang didapat dari 13 perusahaan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa slack resources, leverage, dan kinerja lingkungan berpengaruh secara simultan terhadap corporate social responsibility disclosure. Secara parsial, leverage berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility disclosure, sedangkan slack resources dan kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure. Hasil tersebut dapat dijadikan suatu pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, penelitian ini disarankan dapat menjadi referensi dan dapat diteliti kembali dengan menggunakan variabel bebas atau indikator lain yang menjelaskan corporate social responsibility disclosure. Bagi perusahaan, disarankan dapat memerhatikan ketaatan dalam mengungkapkan corporate social responsibility serta menyadari bahwa corporate social responsibility disclosure merupakan kewajiban perusahaan dan untuk manajemen perusahaan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Kata Kunci : Corporate Social Responsibility Disclosure, Kinerja Lingkungan, Leverage, Slack Resources

Subjek

ACCOUNTING
FINANCIAL ACCOUNTING,

Katalog

Pengaruh Slack Resources, Leverage dan Kinerja Lingkungan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi pada Perusahaan Indeks LQ45 Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017 - 2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RYAN SYAHPUTRA
Perorangan
Muhammad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini