PENGARUH KOMITE AUDIT, KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, FREE CASH FLOW, DAN LEVERAGE TERHADAP KUALITAS LABA (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

MAGDALENA GINA RAHMAWATI

Informasi Dasar

22.04.3580
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas laba mencerminkan kinerja perusahaan yang sebenarnya dalam menghasilkan pendapatan operasionalnya. Kualitas laba dapat menjadi indikasi terhadap kemampuan informasi laba dalam memberikan respon kepada pasar. Selain itu kualitas laba mendapatkan perhatian dan berperan penting dalam pengambilan keputusan investasi bagi para investor dan berbagai pihak.

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komite audit, komisaris independen, kepemilikan institusional, free cash flow, dan leverage terhadap kualitas laba pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016 – 2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016 – 2019 sebanyak 28 perusahaan. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 20 sampel dengan total data pada penelitian ini sebanyak 80 data. Kemudian data pada penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi data panel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite audit, komisaris independen dan  kepemilikan institusional,  free cash flow, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba. Secara parsial, komite audit berpengaruh positif signifikan, komisaris independen tidak berpengaruh signifikan, kepemilikan institusional tidak  berpengaruh signifikan, free cash flow tidak  berpengaruh signifikan, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas laba.

Kata kunci : Kualitas laba, komite audit, komisaris independen, kepemilikan institusional, free cash flow, dan leverage.

Subjek

ACCOUNTING
CASH FLOW STATEMENTS,

Katalog

PENGARUH KOMITE AUDIT, KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, FREE CASH FLOW, DAN LEVERAGE TERHADAP KUALITAS LABA (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAGDALENA GINA RAHMAWATI
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2B3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • SA411043 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • EAI2S3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • ACH4C3 - ETIKA AKUNTAN & TATA KELOLA PERUSAHAAN
  • EAI4223 - ETIKA AKUNTANSI & TATA KELOLA PERUSAHAAN
  • ACH3I3 - INVESTASI
  • EAI3103 - INVESTMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini