PENGARUH FREE CASH FLOW, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

TALITHA AULIA SALSABILA

Informasi Dasar

22.04.3587
320.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebijakan dividen merupakan keputusan manajerial perusahaan mengenai pengalokasian laba yang diperoleh, akan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen atau di investasikan kembali untuk memaksimalkan operasional perusahaan. Kebijakan dividen sangat mempengaruhi keputusan investasi para investor, namun disisi lain keputusan pembagian dividen ini juga dapat mengurangi pendapatan perusahaan. Maka dari itu untuk mencapai kesejahteraan perusahaan maupun para pemegang saham dibutuhkan kebijakan-kebijakan yang dapat menyelaraskan kepentingan pihak-pihak terkait.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh free cash flow, profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap kebijakan dividen secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2020. Sample di tentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 140 sampel, yang terdiri dari 35 sample dalam kurun waktu 4 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pengujian hipotesis. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis statik deskriptif dan analisis regresi data panel dengan alat bantu aplikasi EViews 12.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel free cash flow, profitabilitas, likuiditas dan leverage secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan dividen. Secara parsial, variabel profitabilitas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan dividen, sedangkan variabel free cash flow, likuiditas, leverage tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan dividen.

Subjek

DIVIDEND POLICY
POLICY MAKING-EXECUTIVE MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH FREE CASH FLOW, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TALITHA AULIA SALSABILA
Perorangan
Dewa Putra Krishna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SA332022 - PRAKTIK AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini