PENGARUH STRUKTUR MODAL, BIAYA LINGKUNGAN DAN LIKUDITAS TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Minyak dan Gas Bumi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

NADYA AMELIA RAMADHANTI

Informasi Dasar

22.04.3589
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Profitabilitas adalah kemampuan manajemen untuk menghasilkan keuntungan atau laba. Laba meliputi laba kotor, laba operasi, dan laba bersih. Laba sering menjadi salah satu ukuran kinerja perusahaan. Apabila perusahaan memiliki laba yang tinggi maka kinerja perusahaan tersebut baik dan sebaliknya. Kinerja suatu perusahaan tidak hanya merupakan indikator kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajibannya kepada para penyandang dana, tetapi juga merupakan salah satu unsur penciptaan nilai perusahaan yang menunjukkan prospek perusahaan di masa yang akan datang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah struktur modal, biaya lingkungan, dan likuiditas. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal, biaya lingkungan, dan likuiditas terhadap tingkat profitabilitas perusahaan yang diukur dengan Return on Assets (ROA) pada perusahaan pertambangan sub sektor minyak dan gas bumi periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 7 perusahaan dengan periode penelitian lima tahun, sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 35 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan variabel struktur modal, biaya lingkungan, dan likuiditas berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara parsial, struktur modal dan likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan likuiditas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Hasil penelitian diharapkan mampu digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak-pihak yang hendak menginvestasikan dana pada perusahaan pertambangan subsektor minyak dan gas bumi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini disarankan dapat menambah pengetahuan dan referensi untuk peneliti selanjutnya dengan menambahkan variabel lain untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan dan menganti objek penelitian agar semakin banyak hasil penelitian yang bervariasi.

Subjek

ACCOUNTING
CAPITAL ACCOUNTING,

Katalog

PENGARUH STRUKTUR MODAL, BIAYA LINGKUNGAN DAN LIKUDITAS TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Minyak dan Gas Bumi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADYA AMELIA RAMADHANTI
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2B3 - AKUNTANSI MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini