PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)

FABIAN DAFFA ILYASSA

Informasi Dasar

22.04.3590
320.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan merupakan cerminan keadaan perusahaan saat ini serta dapat menggambarkan prospek perusahaan di masa yang akan datang. Bagi perusahaan go- public, nilai perusahaan ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran di bursa, yang dapat dilihat pada harga saham. Pertimbangan investor yang utama dalam melihat kinerja perusahaan adalah dengan melihat tinggi rendahnya nilai perusahaan.

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh keputusan investasi, pendanaan dan kebijakandividen terhadap nilai perusahaan secara simultan dan parsial pada perusahaan sub-sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2021. Data penelitian ini diperoleh dari laporantahunan perusahaan. Populasi dari penelitian ini merupakan perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Teknik yang digunakan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode analisisyang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel yang diolah menggunakan softwareEviews 10.

Hasil pengujian dengan metode regresi data panel didapatkan hasil jika variabel keputusan investasi berpengaruh positif secara signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel keputusan pendanaan berpengaruhnegatif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan variabel kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilaiperusahaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan seputar nilai perusahaan, dandiharapkan menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaannya.

 

Kata kunci : Kebijakan Dividen, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Nilai Perusahaan

Subjek

DIVIDEND POLICY
POLICY MAKING-EXECUTIVE MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, PENDANAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Sub Sektor Industri Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FABIAN DAFFA ILYASSA
Perorangan
Leny Suzan, Djusnimar Zultilisna
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2B3 - AKUNTANSI MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini