PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP BELANJA DAERAH ( Studi Kasus Pada Provinsi Jawa Barat Tahun 2017-2020)

ARDELIA FAUZIAH YUDANTI

Informasi Dasar

22.04.3591
625
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari banyak daerah yang memiliki perbedaan pada alokasi anggaran, potensi, serta keunggulan. Perbedaan pada pengalokasian anggaran terlihat dalam jumlah anggaran yang diberikan pemerintah untuk tiap daerah tergantung pada kebutuhan di tiap daerah tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Dana Alokasi Umum (DAK), Dana Alokasi Khusus (DAK) terhadap Belanja Daerah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan secara parsial Pajak Daerah, Retribusi daerah, Dana Alokasi umum (DAU), Dana Alokasi khusus (DAK) terhadap Belanja Daerah Pada Provinsi Jawa Barat Tahun 2017-2020.

Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah provinsi Jawa Barat. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu Non Probability sampling dengan Sampel Jenuh dan diperoleh 27 Kabupaten/Kota dengan periode penelitian tahun 2017-2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan studi kepustakaan. Data yang diolah adalah data sekunder yang bersumber dari website resmi DJPK Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan Software SPSS versi 26.

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel pajak  daerah, retribusi daerah, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus berpengaruh terhadap belanja daerah. Sedangkan secara parsial, menunjukkan bahwa pajak daerah, retribusi daerah, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus berpengaruh terhadap belanja daerah.

Penelitian ini dihadapkan dapat memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi Belanja Daerah, selain itu penelitian ini dapat dijadikan wawasan untuk memprediksi Belanja Daerah yang dipengaruhi oleh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus.

Subjek

TAX ACCOUNTING
TAX

Katalog

PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP BELANJA DAERAH ( Studi Kasus Pada Provinsi Jawa Barat Tahun 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARDELIA FAUZIAH YUDANTI
Perorangan
Kurnia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI1L3 - PERPAJAKAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini