PENGARUH LEVERAGE DAN LIQUIDITY TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEDGING (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)

MUTIARA AMANDA PUTRI

Informasi Dasar

22.04.3593
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan nasional di Indonesia dalam menjalankan bisnisnya tidak terlepas dari kegiatan perdagangan atau transaksi internasional sehingga aktivitas transaksi internasional ini dapat menyebabkan fluktuasi atau penurunan nilai rupiah terhadap kurs valuta asing karena transaksi yang dilakukan tidak terlepas dari penggunaan mata uang asing. Risiko perubahan kurs dapat diminimalisir dengan menggunakan keputusan hedging. Perusahaan tambang batu bara termasuk perusahaan yang sering melakukan transaksi internasional, sehingga sangat rentan terhadap eksposur valuta asing dan maka dari itu besar kemungkinan perusahaan tambang batu bara melakukan kebijakan hedging menggunakan instrumen derivatif untuk melindungi aset yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage dan liquidity terhadap pengambilan keputusan hedging pada perusahaan pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di BEI pada periode 2017-2021. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling. Dengan metode yang digunakan, diperoleh 12 perusahaan pertambangan sub sektor batu bara yang terdaftar di BEI yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan uji simultan menggunakan metode regresi logistik, leverage dan liquidity berpengaruh terhadap keputusan hedging. Berdasarkan uji parsial, dapat disimpulkan bahwa leverage dan liquidity berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan hedging.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
FINANCIAL ACCOUNTING,

Katalog

PENGARUH LEVERAGE DAN LIQUIDITY TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEDGING (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUTIARA AMANDA PUTRI
Perorangan
Dewa Putra Khrisna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SA519013 - AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN 2

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini