Pengaruh Fungsi Audit Internal, Struktur Corporate Governance, dan Leverage Terhadap Audit Fee (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020)

ARINTA HANINDYASARI

Informasi Dasar

22.04.3597
657.450 285
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Audit fee merupakan besaran biaya yang diberikan kepada auditor eksternal atas jasa yang telah diberikannya. Penetapan audit fee dilakukan dengan kesepakatan antara auditor dan entitas klien sesuai dengan surat perikatan yang telah disepakati. Audit fee diberikan kepada auditor eksternal sesuai dengan seberapa risiko dan tanggung jawab yang dihadapi oleh auditor eksternal.

            Variabel dependen pada penelitian ini yaitu fungsi audit internal, struktur corporate governance, dan leverage. Untuk variabel independen pada penelitian ini yaiu audit fee. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengendalian internal perusahaan, struktur corporate governance, dan leverage terhadap audit fee pada perusahaan keuangan sub sektor perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020.

            Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sub sektor perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pemilihan sampel berupa purposive sampling dan diperoleh 17 perusahaan dengan total sampel berjumlah 85 sampel dalam lima tahun. Teknik analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel.

            Berdasarkan hasil penelitian fungsi audit internal, struktur corporate governance, dan leverage berpengaruh secara simultan terhadap audit fee. Untuk parsial fungsi audit internal, komite audit, pemegang saham manajerial, dan dewan komisaris berpengaruh negatif terhadap audit fee. Sedangkan komisaris independen dan leverage berpengaruh positif terhadap audit fee.

            Peneliti berikutnya diharapkan dapat memperluas objek penelitian dan menggunakan variabel lain yang telah digunakan oleh peneliti. Untuk perusahaan diharapkan dapat memberikan informasi mengenai audit fee yang lebih lengkap, dikarenakan dalam mencari informasi audit fee masih banyak perusahaan yang tidak mengungkapkan besaran audit fee di laporan tahunannya.

Kata kunci: Audit Fee, Fungsi Audit Internal, Leverage, Struktur Corporate Governance.

Subjek

AUDIT INTERNAL
AUDIT INTERNAL,

Katalog

Pengaruh Fungsi Audit Internal, Struktur Corporate Governance, dan Leverage Terhadap Audit Fee (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARINTA HANINDYASARI
Perorangan
Annisa Nurbaiti,
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3P3 - INTERNAL AUDIT
  • EAI3173 - INTERNAL AUDIT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini