PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, FINANCIAL LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RISK MANAGEMENT COMMITTEE TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN Non Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2021)

FERRY FEBRIANDHANI

Informasi Dasar

22.04.3599
332.015 195
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan enterprise risk management atau yang dikenal dengan manajemen risiko merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meminimalkan bahkan mencegah terjadinya risiko perusahaan. Termasuk didalamnya yaitu kegiatan identifikasi, perencanaan, strategi, tindakan, pengawasan dan evaluasi terhadap hal-hal negatif yang kemungkinan akan menimpa perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, likuiditas, financial leverage, ukuran perusahaan dan risk management committee terhadap pengungkapan risk management committee baik secara simultan maupun parsial terhadap perusahaan BUMN Non Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan perolehan datanya menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 8 sampel perusahaan dalam kurun waktu 4 tahun sehingga diperoleh 32 sampel penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan aplikasi Eviews 12 untuk analisis statistik deskripstif dan analisis regresi linier data panel.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa profitabilitas, likuiditas, financial leverage, ukuran perusahaan dan risk management committee berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pengungkapan enterprise risk management. Sedangkan secara parsial, profitabilitas dan risk management committee mempunyai pengaruh positif terhadap pengungkapan enterprise risk management, likuiditas dan financial leverage mempunyai pengaruh negatif terhadap pengungkapan enterprise risk management, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan enterprise risk management.

Penelitian ini diharapkan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi enterprise risk management, selain itu penelitian ini dapat dijadikan wawasan untuk memprediksi pengungkapan enterprise risk management yaitu profitabilitas, likuiditas, financial leverage dan risk management committee. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti selanjutnya diharapkan memperluas objek, periode, dan variabel yang digunakan untuk diuji pengaruhnya terhadap pengungkapan enterprise risk management. Bagi perusahaan diharapkan tetap menerapkan pengungkapan manajemen risiko.

Kata kunci:    profitabilitas, likuiditas, financial leverage, ukuran perusahaan, risk management committee, enterprise risk management.

Subjek

RISK MANAGEMENT
FINANCIAL LEVERAGE,

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, FINANCIAL LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN RISK MANAGEMENT COMMITTEE TERHADAP PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN Non Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2021)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FERRY FEBRIANDHANI
Perorangan
Muhamad Muslih, Galuh Tresna M
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EAI3143 - MANAJEMEN RISIKO
  • ACH3G3 - MANAJEMEN RISIKO

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini