Pengaruh Profitabilitas, Komite Audit dan Kompleksitas Perusahaan Terhadap Fee Audit (Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

FAISAL FATTAH

Informasi Dasar

22.04.3600
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fee Audit merupakan besarnya imbalan yang diterima oleh akuntan publik yang disesuaikan pada penugasan, kompleksitas jasa, dan tingkat keahlian sehubungan dengan pemberian jasa audit laporan keuangan. Aturan terkait Fee Audit dibuat oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dalam Peraturan Pengurus Nomor 2 Tahun 2016 tentang “Penentuan Imbalan Jasa Audit Laporan Keuangan”. Namun, pada kenyataanya penggungkapan besaran Fee Audit di sebagian besar perusahaan dilakukan secara implisit, yang berarti Fee Audit disajikan bersamaan dengan jasa professional dalam laporan laba rugi perusahaan.

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, komite audit dan kompleksitas perusahaan terhadap Fee Audit pada perusahaan sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020.

Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan sektor Makanan dan Minuman selama 5 Tahun sehingga didapatkan 40 data observasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif dan regresi data panel menggunakan software Eviews 10.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, komite audit dan kompleksitas perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap Fee Audit. Secara parsial, profitabilitas dan kompleksitas perusahaan berpengaruh positif terhadap Fee Audit sedangkan komite audit tidak berpengaruh terhadap Fee Audit.

Disarakan kepada peneliti selanjutnya untuk mengunakan proksi Fee Audit yang disajikan secara eksplisit dalam laporan laba rugi, sehingga perlu memilih sektor yang menunjukkan besaran Fee Audit yang sebenarnya atau menggunakan sampel data dari seluruh perusahaan go public. Bagi kantor akuntan publik perlu melihat besaran profitabilitas dan kompelksitas perusahaan untuk mempertimbangkan besaran Fee Audit, dan bagi perusahaan disarankan untuk menggunakan jasa auditor spesialis untuk menekan Fee Audit.

Kata Kunci: Fee Audit, profitabilitas, komite audit, kompleksitas perusahaan.

Subjek

AUDIT
AUDITING OF COMPUTER-PROCESSED ACCOUNTS,

Katalog

Pengaruh Profitabilitas, Komite Audit dan Kompleksitas Perusahaan Terhadap Fee Audit (Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAISAL FATTAH
Perorangan
Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3C3 - AUDITING I
  • ACH3K4 - AUDITING II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini