PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2020)

HENDRAWAN RAMBE

Informasi Dasar

22.04.3601
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Good Corporate Governance dan Profitabilitas meurpakan dua hal yang krusial bagi keberlangsungan suatu perusahaan. Keduanya dapat mempengaruhi kinerja perusahaan dan akan berujung pada kondisi nilai perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Good Corporate Governance dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti dan Real Estate Periode 2017 hingga 2020, baik secara parsial maupun simultan. Good corporate governance diukur dengan Kepemilikan Independen, Dewan Komisaris dan Kepelimikan Institusional. Sedangkan profitabilitas diukur dengan return on asset (ROA). Penelitian ini menggunakan laporan keuangan perusahaan pada tahun 2017 hingga 2020.

Fenomena dalam penelitian ini dieksplorasi dengan metode studi Pustaka. Teknik pengambilan data dengan menggunakan data sekunder yang dipublikasikan oleh perusahaan maupun bursa efek Indonesia. Adapun data yang digunakan menggunakan periode 2017 hingga 2020. Sementara metode yang digunakan dalam analisis data penelitian adalah metode kuantitatif deskriptif.

Hasil penelitian menemukan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh signifikan pada tingkat 5% terhadap nilai perusahaan. Demikian juga Dewan Komisaris dan Komisaris Independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Terakhir, hasil penelitian menyatakan bahwa Good Corporate dan Profitabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan.

 

 

 

Kata kunci: CGC, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
FINANCIAL ACCOUNTING,

Katalog

PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENDRAWAN RAMBE
Perorangan
Deannes Isynuwardhana,
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH1B4 - AKUNTANSI KEUANGAN I
  • ACH2A3 - AKUNTANSI KEUANGAN II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini