PENGARUH KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DAN AUDIT TENURE TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN VARIABEL KONTROL PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)

MUHAMMAD FAISHAL ABDUL MAJID

Informasi Dasar

22.04.3605
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba adalah kesalahan atau kelalaian yang disengaja dalam membuat laporan keuangan sehingga dapat menyesatkan ketika semua informasi keuangan tersebut digunakan untuk membuat pertimbangan yang akhirnya akan menyebabkan orang yang membacanya akan mengganti atau mengubah suatu pendapat atau keputusan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) dan audit tenure terhadap manajemen laba pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020. Dalam penelitian ini ukuran KAP dan audit tenure merupakan variabel independen. Sedangkan manajemen laba merupakan variabel dependen.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh penelitian selama 4 tahun, sehingga diperoleh 80 total data observation. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ukuran KAP dan audit tenure berpengaruh secara simultan terhadap manajemen laba pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Secara parsial, ukuran KAP berpengaruh positif terhadap manajemen laba pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Audit tenure tidak berpengaruh positif terhadap manajemen laba pada perusahaan industri barang konsimsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020.

Saran bagi pihak perusahaan, dapat mengidentifikasi faktor-faktor corporate governance selain ukuran KAP dan audit tenure. Sehingga dapat mengetahui faktor lainnya yang dapat mempengaruhi manajemen laba. Saran bagi investor, untuk tidak hanya melihat ukuran KAP sebagai pencegahan praktik manajemen laba. Sehingga harus dipastikan juga faktor corporate governance lainnya. Seperti, komite audit dan kepemilikan manajerial.

Kata Kunci: Audit Tenure, Manajemen Laba, Ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP)

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
ACCOUNTING & CONTROL,

Katalog

PENGARUH KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DAN AUDIT TENURE TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN VARIABEL KONTROL PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FAISHAL ABDUL MAJID
Perorangan
Dudi Pratomo
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH1B4 - AKUNTANSI KEUANGAN I
  • ACH2A3 - AKUNTANSI KEUANGAN II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini