PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN (BAPPELITBANG) KOTA BANDUNG

AGUSTINA WULANSARI

Informasi Dasar

22.04.3621
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas adalah individu yang memiliki peran penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan menerapkan organisasi yang baik, maka akan menghasilkan kinerja yang tinggi. Berdasarkan data internal perusahaan, kinerja karyawan di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (BAPPELITBANG) Kota Bandung tidak mengalami peningkatan yang signifikan pada 2 tahun terakhir dan masih pada kategori “Baik”, hasil ini belum sesuai dengan harapan organisasi yang menginginkan kategori kinerja mencapai kategori “Sangat Baik”.

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana budaya organisasi dan kinerja karyawan serta hubungan antar keduanya di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (BAPPELITBANG) Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada karyawan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (BAPPELITBANG) Kota Bandung yang berjumlah 84 orang. Teknik sampling yang digunakan yakni metode sampel jenuh. Dan untuk menginterpretasikan hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Berdasarkan hasil pengolahan penelitian, diketahui bahwa budaya organisasi memberikan pengaruh secara signifikan dan simultan terhadap kinerja karyawan. Dan berdasarkan hasil koefisien determinasi, diketahui bahwa budaya organisasi berpengaruh sebesar 30,3% terhadap kinerja karyawan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (BAPPELITBANG) Kota Bandung, sedangkan sisanya sebesar 69,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteli dalam penelitian ini.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi terhadap kinerja karyawan dan menjadi arahan dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (BAPPELITBANG) Kota Bandung.

 

Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan

Subjek

Manajemen SDM
Human resource management,

Katalog

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN (BAPPELITBANG) KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUSTINA WULANSARI
Perorangan
Ratri Wahyuningtyas
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini