Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Turnover Intention di CV. Daeng Kuliner Makassar (DKM)

SITI NURMUTIA AULIA RIZKI

Informasi Dasar

22.04.3625
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

             CV. Daeng Kuliner Makassar (DKM) merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang kuliner di Sulawesi Selatan khususnya di Kota Makassar dan Kab. Gowa dengan jumlah cabang yang tersebar sebanyak sembilan outlet. CV. Daeng Kuliner Makassar (DKM) memiliki jumlah karyawan yang tidak sedikit dan seringkali menghadapi karyawan yang ingin keluar dari tempatnya bekerja. Seringkali penyebab karyawan melakukan turnover intention dikarenakan perihal kehadiran, dimana mereka tidak dapat mengikuti kebijakan peraturan kehadiran yang berlaku pada perusahaan.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat disiplin kerja di CV. Daeng Kuliner Makassar (DKM), mengetahui tingkat turnover intention di CV. Daeng Kuliner Makassar (DKM), dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin kerja terhadap turnover intention di CV. Daeng Kuliner Makassar (DKM).

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan melakukan pengumpulan data melalui kuisioner kepada 238 karyawan CV. Daeng Kuliner Makassar (DKM) sebagai sampel data populasi. Data yang didapatkan diolah menggunakan softrware IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian disajikan melalui teknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier sederhana.

            Hasil dari pengolahan data menunjukkan tingkat disiplin kerja terdapat pada kategori sangat baik dan turnover intention berada pada kategori rendah. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh dari penelitian ini sebesar 58,5% sedangkan hasil hipotesis uji t memperoleh nilai thitung sebesar -18,250 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dimana terdapat pengaruh negatif yang signifikan dengan besar pengaruh sebesar 58,5%.

            Saran yang dapat penulis sampaikan dalam penelitian ini untuk CV. Daeng Kuliner Makassar (DKM) adalah, perusahaan hendaknya melakukan monitor terhadap tingkat absensi karyawan yang menjadi perhatian besar pada hasil penelitian ini, dan juga menerapkan reward dan punishment yang efektif sebagai rangka dalam memperbaiki produktivitas kehadiran karyawan. Selain itu perusahaan diharapkan juga untuk dapat melakukan pengembangan karir yang lebih menjajikan kepada para karyawan untuk mengurangi angka turnover intention.

 

Kata Kunci: Disiplin Kerja, Turnover Intention

Subjek

Human resouces management
DISIPLIN ORGANISASI,

Katalog

Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Turnover Intention di CV. Daeng Kuliner Makassar (DKM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SITI NURMUTIA AULIA RIZKI
Perorangan
Ratri Wahyuningtyas
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM892016 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini