PENGARUH KREATIFITAS TERHADAP DAYA SAING PADA GERAI USAHA MENENGAH KUE BALOK IMARA

FELIN LISDIANI

Informasi Dasar

22.04.3629
381.450 020.68
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UMKM dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2020 selalu mengalami peningkatan secara berturut-turut, namun mengalami penurunan pada tahun 2021 dikarenakan pandemi covid-19. Penurunan pendapatan disebabkan dari aspek konsumsi dan daya beli masyarakat, pandemi ini menyebabkan banyak tenaga kerja berkurang atau bahkan kehilangan pendapatannya serta banyaknya usaha bisnis gulung tikar karena tidak bisa bertahan.

Hal berbeda dengan Kue balok Imara yang masih bertahan, walaupun sempat mengalami penurunan pendapatan yang cukup signifikan. Kue Imara masih bisa bertahan dengan berbagai strategi dan Inovasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kreatifitas dan daya saing usaha bisnis imara, untuk mengetahui pengaruh kreatifitas terhadap daya saing usaha bisnis imara.

Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner,  wawancara  dan observasi, Sedangkan untuk data sekunder dikumpulkan melalui artikel, penelitian terdahulu, buku-buku, dan jurnal referensi yang terkait dengan topik penelitian . Populasi penelitian adalah 30 gerai yang dijadikan sampel. Analisis statistika deskriptif dan analisis regresi sederhana.

Dari hasil analisis deskriptif, skor penilaian yang diperoleh termasuk ke dalam rentang kategori mampu, hal ini membuktikan bahwa pengaruh kreatifitas terhadap daya saing bisnis imara tergolong baik dan positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima, yaitu kreatifitas memiliki pengaruh dan signifikan terhadap daya saing bisnis imara. Besarnya pengaruh kreatifitas terhadap daya saing yaitu 50,1% yang berarti variabel kreatifitas sudah memberikan 50,1% informasi yang diperlukan untuk memprediksi variabel daya saing.

Kata Kunci : Kreatifitas, daya saing

Subjek

MANAGEMENT BISNIS
Marketing - business,

Katalog

PENGARUH KREATIFITAS TERHADAP DAYA SAING PADA GERAI USAHA MENENGAH KUE BALOK IMARA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FELIN LISDIANI
Perorangan
Rina Djunita Pasaribu, Mohammad Riza Sutjipto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini