PENGARUH BAURAN PEMASARAN SAAT PANDEMI COVID 19 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE

KHAIRI TAUFIQ

Informasi Dasar

22.04.3632
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet, memberikan potensi terhadap bisnis berbasis online. yang berdampak persaingan di industri bisnis ecommerce dalam aktivitas pemasaran.. Terutama pada saat ini kita sedang dihadapkan dengan masa pandemi Covid-19. Tentunya dalam menghadapi persaingan dan pandemi tersebut perusahaan perlu lebih mengenali prilaku konsumen dan strategi marketing mix yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasarandengan dimensi 4P (product, price, place, dan promotion) terhadap proses keputusan pembelian pada marketplace Shopee .Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, berdasarkan tujuan penelitianini termasuk penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah formula Lameshow, dengan jumlah responden minimal sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Berdasarkan hasil analisis desktriptif untuk variabel bauran pemasaran pada marketplace Shopee berada pada kategori baik dengan rata-rata skor persentase sebesar (83.55%) dan variabel proses keputusan pembelian juga dalam kategori baik dengan persentase sebesar (85.32%). Dari hasil uji hipotesis, variabel bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian dengan nilai F hitung>F tabel (32.049 > 2.11) dan signifikansi < 0.05 (0.000 < 0.05). Berdasarkan uji hipotesis secara parsial, dimensi product, price, place, dan promotion berpengaruh siginifikan terhadap proses keputusan pembelian, dimensi place (X4) paling berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian dengan nilai t hitung (6.525) > t tabel (1.645) dan nilai signifikansi (0.000)<0.05. Berdasarkan nilai koefisien determinasi didapat bahwa bauran pemasaran dapat menjelaskan proses keputusan pembelian sebesar 53.1%, dan sisanya sebesar 46.9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran dari penelitian ini marketplace Shopee sebaiknya selalumeningkatkan kualitas dan berinovasi, terutama pada startegi bauran pemasaran khususnya dimensi price, place, dan promotion karena merupakan dimensi dari bauran pemasaran yang memiliki pengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian pada masa pandemi Covid-19 sehingga apabila proses keputusan pembelian meningkat diharapkan akan menjadi keunggulan kompetitif dalam persaingan dalam industri bisnis e-commerce.

Subjek

MARKETING MIX
MARKETING,

Katalog

PENGARUH BAURAN PEMASARAN SAAT PANDEMI COVID 19 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHAIRI TAUFIQ
Perorangan
Indira Rachmawati, Tarandhika Tantra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM892016 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini