Pekanbaru adalah kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi. Dengan cepat kota ini berkembang dengan pesat dalam segi perdagangan dan multietnik. Salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan tersebut yaitu pasar. Bagi masyarakat di perkotaan, kehadiran pasar tradisional dan pasar modern sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Wisata Pasar Bawah adalah salah satu pasar yang ramai dikunjungi sebagai pusat perdagangan di Kota Pekanbaru yang menyediakan berbagai macam produk seperti makanan, pakaian, aksesoris rumah, hingga barang kebutuhan sehari-hari. Namun pengunjung kerap kesulitan memahami alur navigasi dari pasar ini baik dalam mencari produk yang diinginkan maupun menggunakan fasilitas dikarenakan media informasi yang kurang memadai. Sehingga penelitian ini ingin memberi solusi berupa perancangan media informasi yang diterapkan ke dalam signage dan wayfinding. Pada penelitian ini, metode yang akan digunakan yaitu metode pendekatan kualitatif. Tujuan dari perancangan ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengunjung mendapatkan informasi mengenai wisata Pasar Bawah Pekanbaru dan mengetahui bagaimana merancang media informasi yang baik dan tepat agar pengunjung dapat menggunakan fasilitas dengan maksimal dan dapat memahami detail Pasar Bawah Kota Pekanbaru.
Kata kunci: Media informasi, Kota Pekanbaru, Pasar, Signage, Wayfinding