ABSTRAK
Skateboarding adalah suatu kegiatan aktivitas bermain menggunakan papan seluncur beroda. Hal itu sudah dapat dinyatakan sebagai suatu paduan dari olahraga, budaya, gaya hidup maupun seni. Namun, penggunaan skateboard itu sendiri merupakan hal yang sulit untuk dilakukan oleh para pemula bahkan kerap dapat membahayakan jika pengoperasian dari skateboard itu salah. Oleh karena itu, dibutuhkan panduan bermain skateboard yang benar dalam bentuk animasi 2D agar dapat memberikan gambaran kepada para peminat skateboard. Dan tentunya dalam proses pra produksi animasi 2D tersebut, dibutuhkan pula perancangan storyboard yang tepat agar produksi animasi 2D dapat terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengenalan teknik – teknik bermain skateboard kepada para peminat skateboarding. Metode pengumpulan data berupa survei, observasi dan studi Pustaka akan digunakan dalam penelitian ini. Akan digunakan metode analisis berupa metode Model Miles and Hubberman. Adapun para peminat remaja skateboard yang awam ataupun mentor dari skateboarding menjadi objek dari penelitian ini.
Kata kunci: Animasi 2D, Pengenalan, Skateboarding, Storyboard, Teknik.