Tujuan dari perancangan ulang ini adalah untuk membentuk brand identity yang tepat bagi Sekolah Alam Karawang karena belum dipercaya dan belum cukup dikenal di masyarakat sebagai lembaga pendidikan formal yang membawa metode pendidikan alternatif. Masyarakat masih beranggapan bahwa Sekolah Alam Karawang adalah sekolah non-formal atau sekolah bagi anak berkebutuhan khusus. Hal ini disebabkan karena Sekolah Alam Karawang belum bisa menampilkan citra identitas secara jelas dan konsisten. Metode perancangan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan realistis. Data yang dikumpulkan dengan metode kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis dilakukan berdasarkan data yang didapat dan juga dilakukan analisis model matriks pada data observasi sebagai pembanding. Hasil perancangan berupa aplikasi sistem desain pada merek Sekolah Alam Karawang dan diimplementasikan pada media promosi yang digunakan. Brand identity yang sudah terbentuk kemudian diimplementasikan pada media promosi visual. Citra visual inilah yang akan membentuk identitas Sekolah Alam Karawang.