Penelitian ini di latar belakangi banyaknya pecinta papan karambol di daerah Surabaya tepatnya di Ploso Tambaksari Jl.Bogen gang dua. 90% Pencinta papan karambol lebih memilih atau menyukai papan karambol dengan ukuran yang besar tepatnya berukuran 100x100 cm. Dengan banyaknya pecinta papan karambol dengan ukuran yang besar sehingga memakan tempat untuk penyimpanan, serta dengan ukuranya yang besar sehingga sulit untuk dibawa. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan dapat menghasilkan salah satu solusi pilihan bagi pecinta papan karambol untuk memiliki papan karambol tersebut. Meskipun memiliki ruangan terbatas, pecinta papan karambol tetap dapat memiliki papan karambol karena perancangan karambol ini menggunakan sistem lipat yang dapat menghemat tempat penyimpanan dan mudah untuk dibawa. Penelitian ini menggunakan metode perancangan teknik scamper, yang mana artinya memodifikasi desain lama menjadi desain baru . Hasil dari pembahasan ini adalah perancangan papan karambol menggunakan teknik sambung lidah, atau T&G, yang sesuai dengan latar belakang permasalah ruang yang terbatas dengan mengoptimalkan fungsi dasar permainan karambol untuk tetap dapat menunjang kegiatan bermain karambol di mana saja Kata Kunci: perancangan, karambol, aktivitas bermain, memudahkan, minimalisme.
This research is motivated by the large number of carrom board lovers in the Surabaya area, precisely in Ploso Tambaksari Jl. Bogen gang two. 90% of carrom board lovers prefer or like carrom boards with a large size, precisely measuring 100x100 cm. With so many carrom board lovers with a large size that takes up space for storage, and with a large size making it difficult to carry. Therefore, this research was conducted with the aim of being able to produce one of the preferred solutions for carrom board lovers to have the carom board. Even though they have limited space, carom board lovers can still have a carom board because this carom design uses a folding system that can savestorage space and is easy to carry. This study uses a scamper technique design method, which means modifying the old design into a new design. The result of this discussion is the design of the carom board using the tongue grafting technique, or T&G, which is in accordance with the background of the problem of limited space by optimizing the basic functions of the carom game to still be able to support carrom playing activities anywhere.
Keywords: design, carrom, play activities, ease, minimalism.