Pengantar tugas akhir ini berjudul Perancangan Kemasan Produk Souvenir Sebagai Ciri Khas Dan Identitas Sumatera Utara. Adapun masalah yang dikaji adalah bagaimana merancang desain kemasan produk souvenir identitas Sumatera Utara yang menarik dan mempunyai ciri khas agar dapat mengangkat citra budaya dan kualitas kemasan souvenir Pulau Samosir yang menjadi identitas dari Sumatera Utara. Tugas akhir ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif yaitu dengan penelitian lapangan secara langsung dan melakukan observasi, serta wawancara. kemasan atau packaging suatu produk merupakan salah satu media promosi yang terlihat sepele namun sangatlah penting. Kemasan produk souvenir biasanya menggunakan kemasan yang sederhana seperti kantung plastik untuk menekan biaya produksi. Demi menghapus paham seperti itu maka dibuatlah perancangan desain kemasan dan strategi promosi yang kreatif, menarik dan media yang tepat sebagai penunjang kegiatan promosi souvenir khas Sumatera Utara melalui kemasaan, yang diharapkan mampu mempromosikan budaya dan wisata melalui kemasan souvenir kepada pengunjung dalam negeri maupun luar negeri, mengangkat citra atau brand image yang mempunyai karakter khas atau karakter tersendiri dan mampu meningkatkan kualitas kemasan produk dari souvenir sebagai ciri khas dan identitas Sumatera Utara.
Kata Kunci : Budaya, Identitas, Ergonomis