ANALISIS PERBANDINGAN NASKAH DAN STRATEGI HUMOR SITUASI KOMEDI “TETANGGA MASA GITU” DENGAN SITUASI KOMEDI “FRIENDS”

R.A. ASZHAAFIRA FARRASSAYU H.

Informasi Dasar

22.04.3872
791.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

       Situasi komedi adalah program komedi dengan pemilihan latar, cerita, pembuatan dialog, dan aktor disesuaikan dengan situasi lingkungan sehari-hari yang diperlukan teknik-teknik khusus agar unsur komedi dapat disampaikan dengan sukses dan maksimal. 

       Menganalisis dan membandingkan situasi komedi asal Indonesia yang berjudul Tetangga Masa Gitu dengan asal Amerika Serikat yaitu situasi komedi Friends. Friends adalah sitkom yang terkenal dengan kesuksesannya dari pertama kali rilis pada tahun 1994 dan sampai saat ini di seluruh dunia. Pada penelitian skripsi ini, aspek yang dianalisis adalah aspek naskah dengan mencakup; membandingkan dan menjelaskan persamaaan, perbedaan, dan ciri khas dari kedua sitkom tersebut di 3 episode yang sama yaitu episode 1, 2, dan 3 dari season 1.

       Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif adalah metode yang digunakan untuk menggambarkan suatu analisis secara naratif dengan penggambaran yang dalam tidak hanya di permukaan saja dengan mengidentifikasi poin-poin penting sesuai tema penelitian dengan menggunakan teori televisi, humor, dan komunikasi massa.

       Sitkom Tetangga Masa Gitu terbukti lebih banyak perbedaan dengan sitkom Friends pada aspek penggunaan teknik humor yang lebih sedikit tetapi durasi lebih panjang, gaya bahasa yang digunakan pada dialog, dan pengemasan cerita. Walaupun begitu, ada beberapa aspek yang menjadi persamaan seperti penggunaan ekspresi wajah yang menjadi unsur pendukung dalam menyampaikan pesan dan menampilkan sisi negatif sebagai lawakan. Dalam kedua sitkom ini mempunyai ciri khas yang menjadi pembeda diantara keduanya seperti di sitkom Tetangga Masa Gitu pada durasi awal di setiap episode ditampilkan perbandingan umur pernikahan dari kedua tetangga. Ciri khas pada sitkom Friends adalah banyaknya dialog yang disampaikan secara tersurat.

Kata kunci: situasi komedi, Tetangga Masa Gitu, Friends, perbedaan, persamaan, ciri khas.

Subjek

COMEDY
FILM-CINEMATOGRAPHY,

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN NASKAH DAN STRATEGI HUMOR SITUASI KOMEDI “TETANGGA MASA GITU” DENGAN SITUASI KOMEDI “FRIENDS”
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

R.A. ASZHAAFIRA FARRASSAYU H.
Perorangan
Didit Endriawan, Sigit Kusumanugraha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Seni Rupa
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TA / SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini