Kantor kelurahan merupakan salah satu tempat pelayanan penduduk untuk pembuatan surat-surat keterangan. Setiap tahunnya jumlah penduduk setiap kelurahan terus bertambah, tentunya akan berbanding lurus dengan data administratif yang juga akan terus bertambah sehingga pengelolaannya pun akan semakin sulit dengan metode manual. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, hal ini tentu bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, layanan di kantor Kelurahan juga dapat mengaplikasikan perkembangan teknologi yaitu dengan membuat sistem informasi dan pelayanan pengolahan data surat kependudukan. Sistem informasi dirancang dengan tujuan untuk membantu penduduk yang ingin membuat surat dan untuk aparat Kelurahan agar mudah melakukan pelayanan pembuatan surat, tujuan lain dengan adanya sistem ini pengolahan data di kantor kelurahan yang lebih efektif, efisien, dan terkomputerisasi. Proyek ini menerapkan metode waterfall yang terdiri atas tahap requirements, analysis, design, implementation, testing, dan maintenance. Tools yang digunakan yaitu bahasa pemrograman PHP, framework CodeIgniter, serta database MySQL. Hasil akhir yang diperoleh adalah sebuah Aplikasi Layanan Administrasi Kelurahan (LANDAS) yang memiliki fitur utama : input permohonan, proses surat, pengesahan surat, dan fitur tambahan lainnya.
Kata Kunci: Sistem Informasi, aplikasi, pelayanan administrasi, penduduk, aparat Kelurahan.