Website merupakan kumpulan halaman dalam satu domain yang memuat berbagai informasi berupa konten gambar, ilustrasi, video, dan teks yang dapat dilihat dan diakses oleh pengguna internet menggunakan mesin pencari. Website dibangun dengan tujuan yang berbagai macam, mulai dari profiling perusahaan, manajemen perusahaan atau substansi tertentu, kepentingan militer, kepentingan pribadi, sebagai media informasi, bahkan sampai dengan membantu meningkatkan kualitas pendidikan. Microservices merupakan arsitektur atau dapat dikatakan metode dalam mengembangkan sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang mencakup website, mobile, internet of things, sampai dengan cloud service. Dimana setiap layanan berjalan secara independen dan berkomunikasi satu sama lain tergantung pada kebutuhan aplikasi yang digunakan. Perancangan dan pengembangan sistem dan aplikasi akan dilakukan dalam beberapa tahapan dengan harapan sistem dan aplikasi website dapat bekerja dengan optimal dan dapat segera diimplemntasikan.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sebuah aplikasi website kursus berbasis microservices untuk membantu siswa, mahasiswa, serta mentor untuk dapat lebih produktif dimasa pandemi yang terjadi sekarang dengan menggunakan arsitektur web berbasis microservices. Metode penelitian yang digunakan dalam merancang dan membangun aplikasi website myMentor ini adalah studi literatur, tahap pengumpulan data untuk mengetahui kebutuhan materi yang dibutuhkan oleh para siswa dan mahasiswa, perancangan sistem, pengkodean, dan dilanjutkan dengan tahapan pengujian untuk menguji sistem sebelum diimplementasikan.
Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah media pembelajaran berupa aplikasi website berbasis microservices bernama myMentor dimana terdapat mentor-mentor yang akan membagikan ilmunya kepada siswa dan mahasiswa. Pada penelitian ini diharapkan akan membantu para kaum pelajar untuk meningkatkan ilmu mereka dan membantu para mentor untuk menyalurkan ilmunya agar dapat lebih produktif dimasa pandemi seperti sekarang ini.