Di dunia saat ini, media sosial adalah media paling populer, dengan miliaran orang menggunakannya. Saat ini, media sosial adalah sarana paling efektif untuk berbagi informasi dan terhubung dengan orang lain. Melihat maraknya penggunaan skincare yang menggunakan media sosial ini diambil oleh para pengusaha untuk meningkatan ekuitas merek serta menjangkau para pelanggan yang lebih luas. Salah satunya merek kecantikan lokal yaitu Somethinc. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh dan signifikan dari aktivitas pemasaran media sosial yang dilakukan oleh merek Somethinc terhadap ekuitas merek serta respon pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner dan diolah menggunakan PLS-SEM melalui software SmartPLS 3.0. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 400 responden.
Berdasarkan analisis deskriptif, Entertainment, Interaction, Trendiness, Customization, Perceived Risk, Brand Awareness, Brand Image, e-WOW, dan Commitment berada pada kategori baik. Hasil SmartPLS menunjukkan bahwa Interaction, Trendiness, Customization, Perceived Risk berpengaruh positif signifikan terhadap Kesadaran Merek dan Citra Merek. Sedangkan Entertainment berpengaruh positif signifikan terhadap Citra Merek, namun Entertainment berpengaruh tidak signifikan terhadap Kesadaran Merek.
Saran untuk merek Somethinc adalah terus mengikuti informasi terbaru di industri kecantikan, sehingga dapat terus memberikan serta memperkenalkan informasi terbaru/terkini tentang produk untuk pelanggan Somethinc di setiap media sosial. Saran untuk penelitian lebih lanjut diharapkan menggunakan kriteria sampel yang berfokus pada perusahaan bidang yang sama sehingga mendapatkan hasilnya untuk dijadikan pembanding.
Kata kunci : social media marketing activity, brand awareness, brand image, ekuitas merek, dan respon konsumen.