Abstrak
PDAM memiliki aktifitas yaitu mengumpulkan, mengolah, menjernihkan sampai dengan proses pendistribusian air bersih bagi masyarakat (BPK RI, 2017). Akibat dari terjadinya pandemi covid – 19 di seluruh dunia terkhusus di indonesia membuat fasilitas pelayanan registrasi PDAM menjadi terbatas saat ingin memberikan pelayanan registrasi terhadap masyarakat. Maka dirancanglah sistem pelayanan PDAM Wonomulyo dengan Framework Laravel berbasis web sebagai solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat atau pelanggan terkait proses registrasi member PDAM dan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara konvensional dimana masyarakat selaku pelanggan yang ingin melakukan proses registrasi sebagai member PDAM tidak harus berkunjung langsung ke kantor lagi dan bertemu orang lain sehingga mengurangi penyebaran virus covid – 19. Proyek akhir ini telah berhasil dirancang dan dibuat website pelayanan PDAM Wonomulyo menggunakan framework laravel dan menggunakan database MySQL. Dari hasil pengujian fungsionalitas dapat disimpulkan bahwa semua fitur yang terdapat pada website berhasil 100% berjalan dengan baik. Pada hasil pengujian lighthouse mendapatkan hasil nilai yang sangat tinggi dan baik dengan performance sebesar 96, Accessibility sebesar 98, Best Practices sebesar 92 dan SEO sebesar 92. Pada hasil pengujian delay mendapatkan hasil total rata-rata delay sebesar 1.81 detik. Pada hasil pengujian kuesioner dapat disimpulkan bahwa pelanggan dan petugas memberikan respon yang baik serta merasa terbantu dengan adanya website pelayanan PDAM Wonomulyo.
Kata kunci : PDAM, Web, Framework, Laravel, Covid-19