PENGARUH TERPAAN TAYANGAN TELEVISI DRAMA KOREA TERHADAP GAYA HIDUP MASYARAKAT BANDUNG

GRACIA ANINDITYA SARI

Informasi Dasar

14.04.031
302.230 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Gelombang Korea adalah merupakan istilah untuk menggambarkan fenomena menyebarnya budaya populer Korea yang berupa drama, musik, dan film Korea ke seluruh dunia. 
 Penelitian ini membahas tentang salah satu budaya populer Korea yaitu drama Korea dengan judul “Pengaruh Terpaan Tayangan Televisi Drama Korea terhadap Gaya Hidup Masyarakat Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan tayangan drama Korea terhadap gaya hidup. Penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan seperti komunikasi massa, terpaan media, efek media, dan gaya hidup.
 Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Populasi penelitian adalah masyarakat Bandung dengan jumlah responden sebesar 384 orang. Untuk menentukan jumlah sampel, maka digunakan metode nonprobability sampling dengan accidental sampling.
 Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh terpaan tayangan televisi drama Korea terhadap gaya hidup masyarakat Bandung dengan presentase sebesar 52.3%. Selain itu koefisien dari persamaan regresi Y=1.097+0.635x bernilai positif. Hal tersebut menunjukkan semakin tinggi frekuensi, durasi, atensi dan isi tayangan drama Korea maka semakin tinggi pula gaya hidup masyarakat Bandung.

Kata kunci: Komunikasi Massa, Terpaan Media, Efek Media, dan Gaya Hidup

Subjek

MASS MEDIA-SOCIAL ASPECTS
 

Katalog

PENGARUH TERPAAN TAYANGAN TELEVISI DRAMA KOREA TERHADAP GAYA HIDUP MASYARAKAT BANDUNG
 
xii, 130p.: il.; 21,5 cm+Lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GRACIA ANINDITYA SARI
Perorangan
Rah Utami Nugrahani
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Ilmu Komunikasi
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini