PERANCANGAN KANTOR BUKALAPAK RESEARCH & DEVELOPMENT DI KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN BRAND IDENTITY

SHABILA SUCIANTY PUTRI ARIFIN

Informasi Dasar

151 kali
23.04.045
747
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

E-commerce merupakan singkatan dari electronic commerce atau perdagangan secara elektronik. Secara harfiah, e-commerce yaitu transaksi jual beli secara elektronik melalui bantuan internet, namun pada tahun 1960 – 1979 pelaksanaan e-commerce masih menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) yang termasuk dalam primitive computer network kemudian selanjutnya berkembang hingga saat ini. Perkembangan ini pula yang melahirkan banyak perusahaan e-commerce dalam beberapa bidang seperti shopping mall, edukasi, jasa pengiriman, dan lain sebagainya. Diantara beberapa perusahaan, terdapat Bukalapak sebagai perusahaan e-commerce yang berkecimpung sebagai online marketplace yang menyediakan beberapa produk berupa barang dan jasa seperti pakaian, gawai, pengisian pulsa, pembayaran pajak kendaraan, dan lain sebagainya. Perusahaan Bukalapak juga memiliki kantor khusus untuk fokus terhadap bidang IT yaitu Research & Development dan salah satunya ada di Kota Bandung. Berdasarkan hasil studi berupa wawancara, kuisioner dan literatur, pekerjaan dalam bidang IT membutuhkan perancangan ruang yang refreshing karena banyaknya pekerjaan yang dilakukan depan layar. Selain itu, mayoritas pegawai kantor e-commerce merupakan generasi milenial yang cenderung fleksibel, mudah bergaul dan mementingkan work-life balance sehingga dibutuhkan pula ruang yang variatif dan fleksibel. Dalam prakteknya, hal ini kurang tepat karena kantor saat ini terasa kurang refreshing atau menyegarkan. Maka begitu, tema yang digunakan dalam perancangan ini yaitu garden of flexibility, tema ini mengusung gagasan bahwa bekerja seharusnya fleksibel dan tidak hanya dilakukan di meja kerja namun juga dapat dilakukan di ruangan yang beragam. Selain itu, pengalaman dalam ruang kantor yang menyegarkan dihadirkan oleh penerapan unsur alam didalamnya seperti penggunaan tekstur kayu, warna-warna alami yang soft seperti taman, penggunaan rumput sintetis, pencahayaan alami, dan penggunaan tanaman baik alami maupun artifisial dalam ruangan. Perancangan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pegawai kantor Bukalapak Research & Development yang didominasi usia milenial yang memiliki tingkat pekerjaan di depan layar yang tinggi dengan ruangan yang menyegarkan dan variatif.

Kata Kunci : E-commerce, Milenial, Variatif, Fleksibel

Subjek

DESAIN INTERIOR
 

Katalog

PERANCANGAN KANTOR BUKALAPAK RESEARCH & DEVELOPMENT DI KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN BRAND IDENTITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHABILA SUCIANTY PUTRI ARIFIN
Perorangan
Dea Aulia Widyaevan, Ardianto Nugrohi
 

Penerbit

Universitas Telkom,S1 Desain Interior
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • CIH4A6 - TUGAS AKHIR / SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini