ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelompokan siswa SMA kota Bandung dalam memilih program studi Ilmu Komunikasi berdasarkan gaya hidup serta media periklanan yang digunakan sebagai saluran promosi atau penyampaian informasi. Variabel yang digunakan adalah variabel gaya hidup Activity, Interest, Opinion (AIO) dan variabel conjoint pada penelitian sebelumnya oleh Ardhinata Surya tahun 2013. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMA kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik samplingdalam penelitian ini adalah non probability samplingdan ntuk analisis pengelompokan menggunakan Two Step Cluster.
Hasil pengelompokan menunjukan bahwa siswa SMA kota Bandung terbagi menjadi 3cluster, yaitu PARENTING STUDENTS (46,3%), SOCIALITY STUDENTS(34,0%),INDIVIDUALIST STUDENTS (19,8%). Parenting students menggambarkan siswa yang cukup antusias terhadap Ilmu Komunikasi dan mereka sangat dipengaruhi oleh keluarga dalam mengambil keputusan memilih jurusan perguruan tinggi. Sociality Students menggambarkan siswa yang sangat antusias dengan Ilmu Komunikasi dan mereka merupakan siswa yang aktif mengikuti kegiatan sosial dan senang bergaul. Individualist students menggambarkan siswa yang lebih senang menyendiri dan tidak senang berbaur bersama teman-temannya dan mereka adalah siswa yang tidak antusias dengan Ilmu Komunikasi. Karakteristik ketiga claster dalam penggunaan media memberikan kesimpulan bahwa internet mampu menarik perhatian siswa SMA kota Bandung dalam pencarian informasi Ilmu Komunikasi ataupun sebagai tempat hiburan meskipun media lainnya seperti televisi, radio, dan brosur masih digunakan.
Kata kunci : Ilmu Komunikasi, Pengelompokan, Two Step Cluster, Media