Strategi Pengembangan Transformasi Digital Samudera Ports Melalui Penerapan ETOS (Electronic Terminal Operating System)

RIEZKA SEKARTAJI NABIELA

Informasi Dasar

171 kali
23.05.002
658.401 2
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK

 

Samudera Indonesia merupaka perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran dan logistik terpadu yang aktif melakukan digitalisasi dalam aktivitas bisnisnya. Salah satu upaya digitalisasi yang dilakukan adalah dengan mengimplementasikan ETOS (Electronic Terminal Operating System) di lini bisnis Samudera Ports. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari model bisnis Samudera Ports, menganalisis strategi pendekatan perubahan model bisnis dan mengembangkan roadmap transformasi digital pada model bisnis Samudera Ports.

Penelitian kualitatif ini terdiri dari 5 variabel : Realitas Digital, Ambisi Digital, Potensi Digital, Fit Digital, dan Implementasi Digital. Proses transformasi digital dimulai saat Samudera Ports masih menjalankan model bisnis manual. Digitalisasi melalui penerapan ETOS mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi empat kegiatan inti terminal: Receiving, Delivering, Loading dan Discharge. Perubahan model bisnis dengan ETOS mempengaruhi Dimensi Pelanggan, Dimensi Manfaat, Dimensi Nilai Tambah, Dimensi Mitra, dan Dimensi Finansial.

Tujuan utama transformasi digital adalah untuk mencapai model bisnis yang lebih efektif, efisien dan ramah lingkungan. Transformasi digital diawali dengan permasalahan yang terjadi pada kegiatan operasional pelabuhan dan benchmarking ke pelabuhan modern di luar negeri. Digitalisasi disesuaikan dengan kemampuan masing-masing port.

Manajemen Samudera Ports secara langsung menangani pengedukasian sistema baik untuk pihak internal maupun eksternal untuk menciptakan hubungan timbal balik yang ideal dan meminimalkan kesalahan atau kegagalan dalam penerapan ETOS. Manajemen Samudera Ports menerapkan strategi pendekatan perubahan dengan 3 tahap: Unfreeze dimana Samudera Ports menyadari perlunya suatu sistem untuk mengatasi permasalahan, tahap kedua adalah Change,dimana Samudera Ports menetapkan kebijakan dalam penerapan ETOS. Selanjutnya, tahap Refreeze dimana model bisnis berbasis ETOS distandarisasi dan digunakan sebagai standar bisnis pelabuhan Samudera Ports.

 

 

Kata Kunci: Industri Pelayaran, Samudera Indonesia, Transformasi Digital, Digital transformation roadmap.

 

Subjek

DIGITAL TRANSFORMATION
Strategic management,

Katalog

Strategi Pengembangan Transformasi Digital Samudera Ports Melalui Penerapan ETOS (Electronic Terminal Operating System)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIEZKA SEKARTAJI NABIELA
Perorangan
Dodie Tricahyono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • MM200514 - MANAJEMEN STRATEGI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini