Industri kecantikan menjadi salah satu industri yang dinamis, inovatif, serta harus selalu siap beradaptasi dengan adanya perubahan yang terjadi. Seiring dengan adanya tren masyarakat yang mulai memperhatikan produk perawatan tubuh sebagai kebutuhan utama, minat masyarakat terhadap produk-produk perawatan diri dan kecantikan menunjukkan tren yang terus meningkat setiap tahunnya.
Salah satu misi Bening’s Indonesia Group adalah ingin melakukan IPO di tahun 2024. Pendanaan yang didapatkan melalui IPO diharapkan mampu mempercepat ekspansi bisnis perusahaan ditengah tingginya tingkat kompetisi dari perusahaan sejenis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai persiapan IPO Bening’s Indonesia Group. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer, dengan teknik pengumpulan menggunakan wawancara.
Hasil dari penelitian, saat ini Bening’s Indonesia Group perlu memenuhi beberapa syarat untuk melakukan IPO diantaranya yaitu dari segi finance harus adanya akuntan publik, pembukuan laba usaha, laporan keuangan yang sudah diaudit > 3 tahun, penjamin emisi efek (underwriter), penilai aset, audit internal, komite audit; dari segi Legal harus memehuni syarat perizinan BPOM, RUPS untuk persetujuan go public, dan hak cipta merek; dari segi Business yaitu mempersiapkan tim internal yang professional, mempersiapkan tim eksternal profesional, menerapkan Good Corporate Governence (GCG), dan melakukan cost efficiency. Setelah melakukan beberapa hal tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa Bening’s Indonesia Group bisa melakukan IPO di tahun 2025, dengan dasar petimbangan utama dan salah satu syarat untuk melakukan IPO adalah pembukuan laporan keuangan yang sudah di audit > 3 tahun.