Tangung jawab sosial perusahaan di Indonesia masih belum sempurna, terbukti dengan banyaknya kasus perusahaan manufaktur yang berdampak buruk bagi lingkungan masyarakat sekitar perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh secara simultan dan parsial antara komposisi gender, kapitalisasi pasar, karakteristik komite audit, dan pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdatar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan metode pengumpulan datanya menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini memiliki 156 data observasi yang didapat dari 39 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi gender, kapitalisasi pasar, dan karakteristik komite audit berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Secara parsial, kapitalisasi pasar berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, sedangkan komposisi gender dan karakteristik komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Maka diharapkan bagi perusahaan untuk dapat meningkatkan kegiatan CSR yang baik di wilayah operasinya, serta untuk variabel yang berpengaruh diharapkan dijadikan bahan pertimbangan dalam menanamkan modalnya.
Kata kunci: Kapitalisasi Pasar, Karakteristik Komite Audit, Komposisi Gender, Pengungkapan Corporate Social Responsibility.