Peran orang tua dalam perkembangan anak usia sekolah dasar di era digitalisasi ini perlu di perhatikan. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan peran oran tua dan cara mengkomunikasikan gadget pada anak usia sekolah dasar menggunakan teori pola asuh. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara informan yang terdiri dari tiga ibu dan anak usia sekolah dasar dan psikolog. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendidik, mendampingi dan membimbing anak usia sekolah dasar mengacu pada ciri- ciri pola pengasuhan demokratis dalam memperhatikan aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik yang berkaitan dengan penggunaan gadget pada anak. Namun, sayangnya masih ada orang tua yang belum mengenal dan memahami tentang digital parenthing yang sebenarnya mampu membantu orang tua dalam menyesuaikan pola pengasuhan anak sesuai eranya. Oleh karena itu, orang tua perlu melibatkan anak dengan cara mengkomunikasikan gadget pada anak melalui diskusi tujuan, tanggung jawab dan resikonya.
Kata kunci : Komunikasi, Keluarga, Peran orang tua, Pola asuh, Anak usia sekolah dasar, Penggunaan gadget