ABSTRAK
Untuk memasarkan produk diperlukan strategi promosi yang tepat sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan. Salah satu elemen promosi adalah periklanan, PT. Pos Indonesia mengiklankan produknya melalui ikaln media luar ruang yaitu billboard.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pelanggan terhadap iklan Luber Hadiah Pos Indonesia , keputusan pembelian pelanggan di Jawa Barat, dan pengaruh Luber Hadiah Pos Indonesia terhadap keputusan pembelian studi di PT. Pos Indonesia .
Berdasarkan teknik pengumpulan data, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif , menggunakan metode analisis regresi sederhana dengan iklan billboard adalah variabel bebas (X), dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat (Y). penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan sampel sebesar 100 responden.
Dari penelitian ini, di dapatkan hasil bahwa penilaian pelanggan terhadap iklan billboard Luber Hadiah Pos Indonesia cukup baik, dan keputusan pembelian setelah melihat iklan juga cukup baik, sedangkan pengaruh iklan media luar ruang terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 64.7% dan pengaruh residu sebesar 35.3% .
Keyword :Periklanan, Billboard, Keputusan Pembelian