PERANCANGAN STRATEGI REBRANDING CAFE GARIS PANTAI DI BANDUNG
Oleh
Muhammad Fauzan Afriandi
NIM: 1601184109
Pada perkembangan bisnis saat ini di Kota Bandung dapat ditemui banyak sekali pelaku usaha yang membuka bisnis dalam bentuk cafe karena memiliki potensi ekonomi yang tinggi sehingga bidang usaha cafe mengalami saturasi pasar. Banyaknya cafe ini menyebabkan bidang usaha ini menjadi sangat kompetetif sehingga para pelaku usaha dituntut untuk menjadi kreatif dalam berinovasi membuka usaha cafe agar memiliki ciri khas sendiri dan menarik perhatian konsumen. Salah satu usaha cafe di Bandung, tepatnya di daerah Margahayu adalah cafe yang bernama Garis Pantai. Cafe ini memiliki tema dan konsep yang unik yaitu pantai dalam ruangan yang memberikan suasana cafe yang berbeda dari cafe lainnya, namun cafe ini masih kurang diketahui oleh masyarakat karena kurang dalam melakukan Branding. Pada penelitian yang berjudul “Perancangan Strategi Rebranding Cafe Garis Pantai” ini, penulis bertujuan akan memberikan solusi atas masalah cafe Garis Pantai dengan metode penelitian kualitatif dan melakukan Brand Activation dengan strategi AISAS. Penulis menggunakan AISAS berdasarkan analisa yang dilakukan dan dengan strategi ini penulis akan menggunakan media sosial dan poster cetak sebagai media promosi. Dengan menggunakan media sosial kita bisa melakukan pendeketakan brand dengan audiens dengan gerakan Attention, Interest, dan Share dari strategi AISAS. Strategi ini bisa menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang dialami oleh cafe Garis Pantai.
Kata Kunci: Garis Pantai, Cafe, Pantai dalam ruangan, Branding, Promosi.