Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh direct marketing terhadap respon konsumen PT. Comtronics Systems. Variabel bebas yang diteliti adalah direct marketing, sedangkan variabel terikat yang diteliti adalah respon konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT. Comtronics Systems yang terletak di Bandung dan Jakarta. Teknik sampel yang digunakan adalah totaling sampling dengan jumlah sampel sebesar 137 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu direct marketing memiliki pengaruh positif terhadap respon konsumen. Hasil analisis korelasi menunjukkan adanya pengaruh positif (searah) antara direct marketing dengan respon konsumen. Semakin tinggi kualitas direct marketing, semakin tinggi respon yang diberikan. Besar pengaruh yang diberikan bernilai sebesar 33.1% dengan pengaruh variabel lainnuya sebesar 66.9%.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara direct marketing terhadap respon konsumen.
Kata kunci : direct marketing, respon konsumen