PERAN RADIO KOMUNITAS DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI(Studi Kasus Radio Komunitas Rakita FM di Kelurahan Sadangserang Kota Bandung)

INDRA FERIAWAN

Informasi Dasar

14.04.066
302.234 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hadirnya media Radio Komunitas yang hadir di daerah-daerah memberikan nuansa baru dalam tatanan media komunikasi, sehingga dapat memberikan pemenuhan kebutuhan informasi untuk masyarakat disekitarnya. Peneliti mengamati peran Radio Komunitas Rakita FM dalam Kontrol Sosial, Pendidikan dan peran Hiburan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Radio Komunitas Rakita FM dalam hal pemenuhan informasi kontrol sosial, pendidikan dan hiburan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus untuk menggali secara mendalam tentang peran radio komunitas dalam pemenuhan kebutuhan informasi untuk masyarakat di Daerah Sadangserang. Teknis analisis data dilakukan menggunakan pendekatan analisis Miles and Huberman yang menyebutkan tiga langkah dalam analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Ketiga komponen dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data. Setelah data terkumpul, maka tiga komponen tersebut akan berinteraksi. Hasil dari penelitian ini menunjukakn bahwa peran Radio Komunitas Rakita FM dalam kontrol sosial, pendidikan, dan peran hiburan sudah terpenuhi untuk masyarakat di Wilayah Sadangserang dengan program-program on air dan off air yang sudah dilaksanakan oleh Radio Komunitas Rakita FM selama ini. Kata Kunci: Peran Radio Komunitas, Pemenuhan Kebutuhan Informasi, Kontrol Sosial, Pendidikan, Hiburan

Subjek

RADIO-MASS MEDIA
MASS COMMUNICATION

Katalog

PERAN RADIO KOMUNITAS DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI(Studi Kasus Radio Komunitas Rakita FM di Kelurahan Sadangserang Kota Bandung)
 
xvii, 179p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDRA FERIAWAN
Perorangan
Reni Nuraeni ; Yuliani Rachma Putri
 

Penerbit

TEBS Library & Knowledge Center, Ilmu Komunikasi
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini