SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN CLUSTERING ALGORITMA FUZZY C-MEANS

CHAIRANI IRFIYANDA

Informasi Dasar

37 kali
23.04.395
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Data seluler merupakan salah satu pilihan untuk mengakses internet. Internet ini membutuhkan jaringan seluler demi berjalannya komunikasi data. Salah satu operator adalah Indosat dengan pelanggan yang 60,3 juta juta pelanggan per semester I-2021, maka perusahaan harus menyiapkan strategi untuk meningkatkan jumlah pelanggan agar tetap dapat bersaing di dunia industri. Perusahaan harus mencari tahu bagaimana karakteristik pelanggan demi berjalannya produk yang ditawarkan. Salah satu metodenya adalah segmentasi, dimana segmentasi ini bertujuan agar dapat menentukan kelas pelanggan sesuai dengan behavior pelanggan. Segmentasi pelanggan ini dapat dilakukan dengan cara clustering salah satu algoritmanya adalah Fuzzy C-Means. Pembangunan menggunakan algoritma ini didasarkan model RFM (Recency, Frequency, dan Monetary). Untuk mendapatkan nilai cluster yang optimal digunakan metode Elbow, dimana dari implementasi didapatkan 3 segmentasi. Segmentasi 1 dengan persentase 70% dimana segmentasi ini adalah pelanggan promising dengan jumlah baris 70 baris. Segmentasi 2 dengan persentase 66% merupakan pelanggan potential customer dimana jumlah baris 658 data. Segmentasi 3 dengan persentase 27% yang merupakan pelanggan champions dimana jumlah baris adalah 272 data.

Subjek

DATA MINING
FUZZY SYSTEM,

Katalog

SEGMENTASI PELANGGAN MENGGUNAKAN CLUSTERING ALGORITMA FUZZY C-MEANS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHAIRANI IRFIYANDA
Perorangan
Rachmadita Andreswari, Faqih Hamami
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini