Sistem Rekomendasi Produk pada E-commerce dengan Algoritma Slope One

ADIMAN HANIF SEPTIAWAN

Informasi Dasar

164 kali
23.04.445
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Terus berkembangnya konsep penjualan online di Indonesia semakin membuat para peluang bisnis beramai-ramai menggunakan e-commerce untuk melakukan kegiatan bertransaksi. Dengan banyaknya pengguna e-commerce inilah yang menyebabkan informasi yang diterima oleh para pembeli akan sangat banyak, sehingga para pebisnis online akan mengalami kesulitan dalam mempromosikan produk yang tepat kepada target pembeli yang tepat. Untuk meningkatkan penjualan produk pada e-commerce, sistem rekomendasi menjadi sebuah jawaban atas permasalahan tersebut. Pada aplikasi ini, rekomendasi yang diberikan didapatkan dari perhitungan menggunakan algoritma Slope One. Algoritma Slope One membuat rekomendasi dengan menjumlahkan rating dari suatu produk dengan rata-rata selisih suatu tempat dengan tempat lainnya. Dari eksperimen yang dilakukan terhadap dataset dari amazon yang dilakukan menjadi tiga pembagian data training dan data testing berdasarkan selisih range data berdasarkan data tersebut. Masing -masing nilai RMSE yaitu 0.601, 0.856, 0.892. Hal ini menunjukkan bahwa algoritma yang diterapkan memiliki akurasi yang baik karena nilai dari RMSE itu sendiri mendekati nilai nol.

Subjek

COMPUTER PROGRAMMING
E-COMMERCE,

Katalog

Sistem Rekomendasi Produk pada E-commerce dengan Algoritma Slope One
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADIMAN HANIF SEPTIAWAN
Perorangan
Indra Lukmana Sardi, Shinta Yulia Puspitasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini