Perancangan Kampanye Sosial Gerakan Memakai Pembalut Kain Pakai Ulang Untuk Perempuan di DKI Jakarta

AZZAHRA QUISHA ZATA DINY

Informasi Dasar

103 kali
23.04.478
659.113
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Period poverty, kemiskinan yang membuat perempuan sulit mendapat akses kebersihan, produk sanitasi yang layak, privasi serta keamanan saat menstruasi jelas terjadi di Indonesia dan sering menjadi isu yang belum dianggap serius. 2% wanita di Indonesia tidak mampu membeli pembalut disebabkan oleh isu finansial. Hal tersebut membuat perempuan menggunakan bahan seadanya seperti kain bekas, kertas, tisu dan semacamnya untuk menggantikan pembalut. Pembalut kain pakai ulang sebagai produk yang dapat bertahan bertahun-tahun, menjadi alternatif yang lebih ekonomis karena perempuan tidak perlu membeli pembalut sekali pakai setiap menstruasi. Namun masih banyak perempuan yang belum teredukasi. Dibutuhkan sebuah kampanye sosial berbasis media visual dengan perancangan menggunakan strategi kreatif untuk mengajak perempuan mulai membuat dan memakai pembalut kain pakai ulang. Dalam penyampaian pesan, metode yang digunakan dalam perancangan kampanye ini adalah AISAS (Attention-Interest-Search-Action-Share) agar tersampaikan kepada audiens secara efektif. Hasil perancangan berupa kampanye dengan media luar ruang seperti billboard dan poster serta media sosial melalui sebuah platform edukasi dan website yang akan membawa audiens kepada sebuah event. Event yang diadakan berupa workshop DIY pembalut kain pakai ulang. Kemudian setelah diadakannya acara tersebut audiens dapat membagikan informasi mengenai pembalut kain pakai ulang melalui media sosial dengan membagikan pengalaman dalam event dan tautan website yang digunakan dalam kampanye.

Kata kunci: period poverty, pembalut kain pakai ulang, kampanye sosial

Subjek

ADVERTISING CAMPAIGNS
 

Katalog

Perancangan Kampanye Sosial Gerakan Memakai Pembalut Kain Pakai Ulang Untuk Perempuan di DKI Jakarta
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AZZAHRA QUISHA ZATA DINY
Perorangan
Ilhamsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • ADH3K4 - ADVERTISING 4 (SOCIAL COMMERCIAL CAMPAIGN/ DIGITAL ADV)
  • ADH4C5 - ADVERTISING 5 (INTEGRATED CAMPAIGN/PRA TA)
  • SD221063 - DASAR KOMPUTER GRAFIS
  • SD321112 - DASAR KOMPUTER MULTIMEDIA
  • DVI3J2 - METODOLOGI PENELITIAN
  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI (SMSTR 7/8)
  • CII9A3 - FILSAFAT DAN METODOLOGI PENELITIAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini