Bengkel adalah sebuah tempat yang menyediakan ruang dan peralatan untuk memperbaiki benda/kendaraan. Bengkel juga bergerak di bidang penyedia layanan service dan penjualan spare part. Ketersediaan spare part menjadi salah satu hal yang penting karena berdampak pada waktu tunggu layanan (metode fast moving). Oleh karena itu, perusahaan harus menyediakan produk sesuai kebutuhan pelanggan dengan memperhatikan jumlah penjualan dan waktu pengadaan produk tersebut. Kesalahan dalam mengelola data historis pelanggan dan safety stock dapat menurunkan kualitas service perusahaan tersebut. Demi meningkatkan kualitas layanan dan juga kinerja perusahaan dalam berbagai aspek, PT.Subur Ban mandiri harus selalu siap dalam melakukan peningkatan kinerja dan pengembangan strategi bisnis perusahaan. Untuk melakukan peningkatan tersebut maka diperlukan perbaikan dari fungsi sistem informasi kedalam rancangan Enterprise Architecture. Perancangan dan penerapan Enterprise Architecture yang digunakan untuk sistem informasi PT.Subur Ban Mandiri adalah framework TOGAF ADM, karena fleksibel dan juga menyediakan método untuk membangun, mengelola dan dapat memenuhi kebutuhan dalam pengembangan perusahaan mulai dari peningkatan kualitas service, stock, data historis pelanggan strategi bisnis dan teknologi yang membuat keputusan bagi stakeholder.
Kata Kunci : Enterprise Architecture, TOGAF ADM, service, sparepart