Primajasa merupakan sebuah PO bis swasta penyedia jasa transportasi. Pada tahun 2006 PO Primajasa mengambil peluang dengan memanfaatkan tol Cipularang, yaitu membangun trayek yang meliputi penggunaan tol Cipularang yang meliputi Bandung ke Jakarta dengan membuat trayek dari Bandung ke Bandara Soekarno-Hatta atau sebaliknya. Dalam memanfaatan trayek tersebut PO Primajasa membangun sebuah tempat pemberhentian Shuttle bus Primajasa di kawasan Pasar Modern Batununggal Indah Bandung. Dari penjelasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan bus Primajasa Batununggal Indah Bandung.
Jenis penelitian ini adalah causal study. Populasi penelitian diambil dari jumlah pelanggan atau penumpang bus Primajasa Batununggal Indah Bandung, dan sampel yang diambil sebanyak 400 responden dengan menggunakan teknik Non-probability sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan teknik analisis jalur (path analysis).
Hasil akhir dari penelitian ini dapat diketahui bahwa Variabel kepuasan pelanggan memiliki pengaruh sebesar 51,5% terhadap kualitas layanan, Pengaruh yang di hasilkan oleh kepuasan pelanggan cukup besar, dan sebanyak 48,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan