PERANCANGAN UI/ UX WEBSITE PEMASARAN KOPI DENGAN METODE DOUBLE DIAMOND DI DESA ANCOLMEKAR KABUPATEN BANDUNG

DES PRARAMA BETHA ROMAN

Informasi Dasar

173 kali
23.04.535
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian tugas akhir yang dilakukan melibatkan Baraja Coffee sebagai

objek penelitian. Baraja Coffee merupakan lini usaha atau UMKM dari

kelompok tani tali wargi yang berlokasi di Desa Ancolmekar Kabupaten

Bandung. Sistem pemasaran eksisting pada Baraja Coffee dilakukan melalui

pemasaran konvensional yang diperkenalkan dari konsumen yang pernah

membeli produk kepada orang lain. Data penjualan produk kopi di Baraja

Coffee mengalami penurunan pada tahun 2021. Penurunan penjualan bubuk

kopi dimulai bulan Agustus hingga Oktober 2021 sebanyak 23,53%.

Penjualan roastbeans mengalami penurunan pada bulan Mei hingga

September 2021 sebanyak 39,41%. Penelitian ini dilakukan untuk membantu

meningkatkan pemasaran Baraja Coffee melalui sistem digitalisasi berbasis

website sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan Baraja Coffee.

Penelitian yang dilakukan menggunakan metode double diamond karena

metode ini dapat lebih memahami kebutuhan pengguna serta bentuk

implementasi metode yang dapat disesuaikan dengan langkah perancangan

solusi. Data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif

yang didapatkan melalui proses wawancara kepada narasumber kunci yang

terdiri dari kelompok tani tali wargi selaku penjual, perwakilan karang taruna

selaku admin, serta konsumen Baraja Coffee dengan total responden

berjumlah lima orang. Perancangan yang dilakukan dengan metode double

diamond melalui empat framework. Framework pertama yaitu discover yang

merupakan tahapan untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai variabel

yang mempengaruhi masalah dan kemungkinan solusinya, pada framework

ini menghasilkan data wawancara, affinity map, user persona, dan user

journey map. Framework kedua adalah define yang merupakan tahapan untuk

menyaring seluruh informasi yang didapatkan dari tahap pertama,

menguraikannya, serta menganalisa masalah, pada framework ini

menghasilkan use case diagram dan activity diagram. Framework ketiga

adalah develop yang merupakan tahapan untuk mengemukakan solusi yang

memungkinkan bagi permasalahan yang didefiniskan pada framework

pertama maupun kedua, pada framework ini menghasilkan gambar sketsa,

iwireframe, dan design guideline. Framework terakhir yaitu deliver yang

merupakan tahapan untuk mengimplementasikan solusi yang cocok untuk

mengatasi masalah, pada framework ini menghasilkan desain mockup website

Baraja Coffee. Hasil dari penelitian yang dilakukan merupakan desain

mockup user interface dan user experience website penjualan dan pemasaran

Baraja Coffee. Usability testing dilakukan terhadap rancangan yang

dihasilkan berfungsi untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan

rancangan menjalankan kinerjanya, berapa banyak kesalahan yang terdapat

pada rancangan, serta mengetahui apakah rancangan dapat memenuhi

kebutuhan pengguna. Usability testing dilakukan melalui verifikasi dengan

heuristic evaluation dan validasi dengan scenario task serta system usability

scale. Pada verifikasi yang dilakukan melalui heuristic evaluation hasil

rancangan dapat memenuhi prinsip – prinsip yang terdapat pada heuristic

evaluation. Pada validasi dengan scenario task didapatkan tingkat kepuasan

pengguna sebagai admin dan penjual sebesar 77,7% dan pengguna sebagai

konsumen sebesar 77,1% yang dapat diartikan hasil rancangan termasuk

kedalam tingkatan baik sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut. Pada

validasi dengan system usability scale dengan hasil 83,5% yang termasuk

kategori acceptable dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Selain

dilakukan usability testing terhadap pengguna langkah berikutnya adalah

dengan mengetahui evaluasi dari pengguna yang didapatkan adalah aspek

tampilan website dan informasi produk. Selanjutnya ketika telah membuat

hasil rancangan, rencana implementasi yang harus dipersiapkan adalah

sumber daya manusia yang harus diberikan pelatihan penggunaan teknologi

digital khususnya penggunaan website dan e – marketplace. Rencana

implementasi yang selanjutnya adalah mempersiapkan sarana dan prasarana

berupa perangkat komputer, listrik, serta jaringan internet yang stabil.

Rencana implementasi yang terakhir adalah mempersiapkan seluruh

informasi yang akurat mengenai produk yang ditawarkan pada Baraja Coffee.

Subjek

User interfaces-systems design
WEB DESIGN,

Katalog

PERANCANGAN UI/ UX WEBSITE PEMASARAN KOPI DENGAN METODE DOUBLE DIAMOND DI DESA ANCOLMEKAR KABUPATEN BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DES PRARAMA BETHA ROMAN
Perorangan
Mira Rahayu, Sri Martini
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • IEI3M3 - ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DAN BASIS DATA
  • IEH4BE3 - HUMAN-CENTRIC DESIGN
  • IEH3D3 - PENGEMBANGAN PRODUK
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini