Penelitian tugas akhir yang dilakukan melibatkan Baraja Coffee sebagai
objek penelitian. Baraja Coffee merupakan lini usaha atau UMKM dari
kelompok tani tali wargi yang berlokasi di Desa Ancolmekar Kabupaten
Bandung. Sistem pemasaran eksisting pada Baraja Coffee dilakukan melalui
pemasaran konvensional yang diperkenalkan dari konsumen yang pernah
membeli produk kepada orang lain. Data penjualan produk kopi di Baraja
Coffee mengalami penurunan pada tahun 2021. Penurunan penjualan bubuk
kopi dimulai bulan Agustus hingga Oktober 2021 sebanyak 23,53%.
Penjualan roastbeans mengalami penurunan pada bulan Mei hingga
September 2021 sebanyak 39,41%. Penelitian ini dilakukan untuk membantu
meningkatkan pemasaran Baraja Coffee melalui sistem digitalisasi berbasis
website sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan Baraja Coffee.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode double diamond karena
metode ini dapat lebih memahami kebutuhan pengguna serta bentuk
implementasi metode yang dapat disesuaikan dengan langkah perancangan
solusi. Data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif
yang didapatkan melalui proses wawancara kepada narasumber kunci yang
terdiri dari kelompok tani tali wargi selaku penjual, perwakilan karang taruna
selaku admin, serta konsumen Baraja Coffee dengan total responden
berjumlah lima orang. Perancangan yang dilakukan dengan metode double
diamond melalui empat framework. Framework pertama yaitu discover yang
merupakan tahapan untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai variabel
yang mempengaruhi masalah dan kemungkinan solusinya, pada framework
ini menghasilkan data wawancara, affinity map, user persona, dan user
journey map. Framework kedua adalah define yang merupakan tahapan untuk
menyaring seluruh informasi yang didapatkan dari tahap pertama,
menguraikannya, serta menganalisa masalah, pada framework ini
menghasilkan use case diagram dan activity diagram. Framework ketiga
adalah develop yang merupakan tahapan untuk mengemukakan solusi yang
memungkinkan bagi permasalahan yang didefiniskan pada framework
pertama maupun kedua, pada framework ini menghasilkan gambar sketsa,
iwireframe, dan design guideline. Framework terakhir yaitu deliver yang
merupakan tahapan untuk mengimplementasikan solusi yang cocok untuk
mengatasi masalah, pada framework ini menghasilkan desain mockup website
Baraja Coffee. Hasil dari penelitian yang dilakukan merupakan desain
mockup user interface dan user experience website penjualan dan pemasaran
Baraja Coffee. Usability testing dilakukan terhadap rancangan yang
dihasilkan berfungsi untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan
rancangan menjalankan kinerjanya, berapa banyak kesalahan yang terdapat
pada rancangan, serta mengetahui apakah rancangan dapat memenuhi
kebutuhan pengguna. Usability testing dilakukan melalui verifikasi dengan
heuristic evaluation dan validasi dengan scenario task serta system usability
scale. Pada verifikasi yang dilakukan melalui heuristic evaluation hasil
rancangan dapat memenuhi prinsip – prinsip yang terdapat pada heuristic
evaluation. Pada validasi dengan scenario task didapatkan tingkat kepuasan
pengguna sebagai admin dan penjual sebesar 77,7% dan pengguna sebagai
konsumen sebesar 77,1% yang dapat diartikan hasil rancangan termasuk
kedalam tingkatan baik sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut. Pada
validasi dengan system usability scale dengan hasil 83,5% yang termasuk
kategori acceptable dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Selain
dilakukan usability testing terhadap pengguna langkah berikutnya adalah
dengan mengetahui evaluasi dari pengguna yang didapatkan adalah aspek
tampilan website dan informasi produk. Selanjutnya ketika telah membuat
hasil rancangan, rencana implementasi yang harus dipersiapkan adalah
sumber daya manusia yang harus diberikan pelatihan penggunaan teknologi
digital khususnya penggunaan website dan e – marketplace. Rencana
implementasi yang selanjutnya adalah mempersiapkan sarana dan prasarana
berupa perangkat komputer, listrik, serta jaringan internet yang stabil.
Rencana implementasi yang terakhir adalah mempersiapkan seluruh
informasi yang akurat mengenai produk yang ditawarkan pada Baraja Coffee.