Perkembangan bisnis di era digital ini sangat pesat dan persaingan antar perusahaan juga semakin ketat dengan mengola strategi pemasaran yang berbeda-beda pula. Salah satu bisnis yang sering kali kita jumpai dimanapun kita tinggal yaitu bisnis ritel. Bisnis ritel merupakan bisnis yang melibatkan penjualan sebuah barang atau produk kepada konsumen dalam bentuk ecer atau satuan pada suatu toko, supermarket, swalayan, dsb. Dalam meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap suatu produk diperlukan display toko yang tertata rapi sesuai dengan pola peminatan dan keterkaitan antar item. Algoritma Apriori tepat digunakan dalam penelitian ini berguna untuk menemukan suatu kombinasi pada produk yang muncul secara bersamaan pada setiap transaksi dengan menentukan nilai minimum support sebesar 15% dan confidence sebesar 50% dapat menghasilkan association rule berupa 1 itemset yakni Makanan Bayi dan Susu Anak dengan nilai lift sebesar 1.36, dengan kemudian agar dapat membentuk pola penempatan item tersebut pada swalayan Anugrah.
Kata kunci—Algoritma apriori, ritel, asosiasi, transaksi, Rapid Miner