Perancangan Prototype Aplikasi Safety Driving Untuk Pengguna Kendaraan Bermotor di Kota Bekasi

RIZKY RAMADHAN ROSEVANO

Informasi Dasar

23.04.569
729
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di daerah Bekasi terdapat 3,022,865 kendaraan yang telah tercatat menurut Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain memiliki manfaat bagi masyarakat, kendaraan juga memiliki potensi terjadinya kecelakaan. Untuk kecelakaan di tahun 2021, tercatat total 639 korban, termasuk luka berat, luka ringan dan korban jiwa. Faktor utama penyebab kecelakaan adalah faktor manusia. Untuk menangani permasalahan kecelakaan, pemerintah merumuskan Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) pada tahun 2011. Maksud dari laporan ini adalah untuk merancang prototype aplikasi yang dapat mengurangi angka fatalitas kecelakaan lalu lintas dengan pengumpulan data dan melakukan edukasi terhadap pengguna kendaraan bermotor sebagai tindakan preventif sesuai dengan salah satu pilar RUNK.. 

Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah studi pustaka, observasi terhadap objek yang diteliti, wawancara ahli, juga kuesioner terhadap 125 sampel masyarakat bekasi yang mempunyai kendaraan pribadi. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan Analisis matrik perbandingan juga Analisis data Kuesioner dan wawancara. Teori yang digunakan adalah teori Aplikasi, UI/UX, dan teori perancangan visual.

Di dalam tugas akhir ini telah dirancang Prototype yang dapat membantu pengendara untuk sampai ke tujuannya dengan selamat dengan fitur maps, road alert dan SOS system yang berfungsi untuk mencegah kecelakaan dan menangani kecelakaan dengan cepat.

Kata Kunci: Aplikasi Mobile, Keselamatan Jalan, Lalu Lintas, Peta, Navigasi.

Subjek

DESIGN USER INTERFACE
 

Katalog

Perancangan Prototype Aplikasi Safety Driving Untuk Pengguna Kendaraan Bermotor di Kota Bekasi
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKY RAMADHAN ROSEVANO
Perorangan
Ananda Risya Triani, Ananda Risya Triani
 

Penerbit

Universitas Telkom,S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DCI4E6 - TUGAS AKHIR/SKRIPSI (SMSTR 7/8)

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini