Untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, pembelajaran daring, dan blended learning, dibutuhkan suatu Learning Management System (LMS). Dalam pengembangannya terdapat tiga komponen utama dalam LMS yang dibuat menggunakan moodle yaitu: pengguna, mata kuliah, dan enrollment. Proses pembelajaran yang tepat dapat memastikan berjalannya LMS secara normal. Untuk mengetahui pola belajar mahasiswa, dibutuhkan sebuah event log yang didapatkan melalui LMS. Log ini berisi informasi mengenai berbagai proses pembelajaran. Teknik Process Mining diterapkan untuk menganalisis pembelajaran mandiri selama perkuliahan, dengan menganalis pembelajaran secara mandiri yang digambarkan dalam sebuah model proses, bertujuan agar dosen dapat mengetahui perkembangan mahasiswa, dan kedepannya dapat menentukan metode belajar apa yang cocok untuk mahasiswa – mahasiswa yang diajarkan oleh dosen bersangkutan. Process Mining juga dapat membantu dalam mengidentifikasi efektivitas pembelajaran dan kurikulum dengan cara memonitoring dan mengevaluasi kinerja Mahasiswa. Algoritma heuristic miner dapat memodelkan pola belajar mahasiswa pada mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek dan Struktur Data pada LMS dengan baik berdasarkan nilai conformance yang dihasilkan.