PT. XYZ merupakan perusahaan penyedia fasilitas media internet yang menyediakan sebuah layanan bisnis internet untuk pelanggan dengan konsep business-to-business. Layanan bisnis internet PT. XYZ menggunakan dedicated internet dengan kestabilan koneksi dan rasio bandwidth yang sama dalam waktu yang bersamaan. Permasalahan yang dihadapi oleh PT. XYZ adalah pendapatan sering kali tidak mencapai target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kelemahan yang dimiliki oleh layanan bisnis internet PT. XYZ sehingga dapat dirumuskan rekomendasi perbaikan. Tugas Akhir ini menggunakan Metode Quality Function Deployment yang diterapkan pada penyelesaian masalah yang dihadapi oleh PT. XYZ karena dapat menyesuaikan antara kebutuhan pelanggan dengan kemampuan perusahaan dalam merealisasikan hasil rekomendasi.
Rekomendasi perbaikan yang dihasilkan berdasarkan pada tujuh True Customer Needs yang diperoleh dari pelanggan yang kemudian pada matriks House of Quality dihasilkan tujuh karakteristik teknis dengan enam karakteristik teknis yang diprioritaskan untuk dikembangkan. Tahap selanjutnya dilakukan pengembangan konsep yang menghasilkan tiga konsep yang terdiri dari konsep efisiensi, inovasi, dan kombinasi. Tahapan terakhir adalah QFD iterasi dua menggunakan matriks part deployment yang menghasilkan sebelas critical part yang dijadikan prioritas dari lima belas critical part.
Hasil critical part dan karakteristik teknis yang diprioritaskan selanjutnya akan dijadikan rumusan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan bisnis internet PT. XYZ berdasarkan keluhan pelanggan. Rekomendasi perbaikan diberikan disesuaikan dengan setiap aspek keluhan yang kemudian dihubungkan oleh sistem yang melibatkan aspek manusia, metode, mesin, material pada layanan bisnis internet PT. XYZ.