Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis dengan Daya dari Photovoltaic

KEVIN MANASE MARDAUNTUNG

Informasi Dasar

12 kali
23.04.639
620.004 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia merupakan negara dengan paparan cahaya matahari paling tinggi dalam periode satu tahun. Namun, Indonesia masih menggunakan bahan bakar fosil dan minyak bumi sebagai pembangkit energi listrik yang bisa habis kapan saja karena termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Berbeda dengan matahari yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Salah satu upaya yang dilakukan dalam pemanfaatan energi matahari adalah dengan menggunakan teknologi sel surya atau photovoltaic. Teknologi sel surya merupakan sebuah teknologi yang mengkonversi energi matahari menjadi energi listrik.

Selain Indonesia menjadi wilayah yang strategis karena terpapar sinar matahari yang cukup tinggi, Indonesia juga merupakan wilayah yang kaya akan tumbuh-tumbuhan. Tanah yang subur merupakan salah satu syarat agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Tingkat kesuburan dapat dipengaruhi dengan intensitas air yang dikandungnya.

Penelitian ini berhasil merancang sistem hybrid menggunakan Photovoltaic 10WP dan ditambahkan fitur pengukuran arus dan tegangan. Hasil rata-rata dari pengukuran selama 5 hari menggunakan sensor INA219 adalah 19,27 Volt dan disimpan di dalam baterai 12V 6,5 AH. Pengujian dari sensor kelembapan didapat persentasenya 0 - 28,93% untuk tanah kering dan 80,84 - 91,10% untuk tanah basah. Pengujian manajemen energi untuk sistem penyiraman tanaman otomatis bertenaga photovoltaic dilakukan dengan cara menghitung nilai energy not supplied selama 5 hari dan didapat untuk nilai rata-rata ENS sebesar 16,67%.

Kata Kunci : Tegangan, Energy Not Supplied, Soil Moisture Sensor, INA219.

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
MACHINE ENGINEERING,

Katalog

Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis dengan Daya dari Photovoltaic
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEVIN MANASE MARDAUNTUNG
Perorangan
Kharisma Bani Adam, Khilda Afifah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elaktro
Bandung
2023

Koleksi

Kompetensi

  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini