PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI PENGAJUAN KENAIKAN JABATAN AKADEMIK DOSEN (JAD) FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI TELKOM UNIVERSITY BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT

IMMANUEL HASINTONGAN CHRISTOPHER SINAMBELA

Informasi Dasar

23.04.732
303.483
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fakultas Rekayasa Industri Telkom University merupakan salah satu fakultas yang berada dalam naungan Telkom University, yang berlokasi di Jl. Telekomunikasi No.1, Dayeuhkolot, Bandung. Fakultas Rekayasa Industri telah merekrut sebanyak 135 dosen, dan dosen Fakultas Rekayasa Industri Telkom University juga menjalani jenjang karir yang disebut dengan Jabatan Akademik Dosen. Terdapat permasalahan yang teredintifikasi dalam proses administrasi pengajuan kenaikan Jabatan Akademik Dosen, yaitu data yang mengalir belum terdokumentasi secara integral, sehingga terjadi perbedaan informasi dan sulitnya proses pengelolaan data dan informasi terkait proses administrasi kenaikan Jabatan Akademik Dosen.

Perancangan sistem informasi manajemen tugas akhir ini menerapkan Rapid Application Development (RAD) sebagai metode pengembangan sistem. Metode RAD terdiri atas empat fase yaitu; requirement planning yaitu proses pengumpulan data, identifikasi stakeholder; kebutuhan pengguna dan kebutuhan sistem dilakukan; user design yaitu pemodelan desain sistem dilakukan; construction yaitu pengkodean dirancang dan dikembangkan sesuai desain sistem; serta cutover yaitu dilakukan pengujian dan analisis hasil dari sistem yang telah dirancang.

Output dari tugas akhir ini berupa sistem informasi manajemen terintegrasi sebagai aplikasi yang dapat membantu dalam melakukan pencatatan, rekapitulasi dan pengolahan terkait data-data administrasi pengajuan kenaikan JAD Fakultas Rekayasa Industri Telkom University. Diperoleh kemudahan dalam proses pengelolaan data dan proses distribusi informasi secara real time. Sistem juga telah melalui proses pengujian fungsionalitas menggunakan blackbox testing, dengan diterapkannya skenario penggunaan seluruh fungsi.

Pengujian validasi pengguna menggunakan User Acceptance Test (UAT) menghasilkan nilai rata-rata persentase yang dihasilkan sebesar 92,3% sehingga dapat diinterpretasikan bahwa sistem yang dirancang memenuhi kebutuhan pengguna dan layak digunakan.

Kata kunci : Sistem Informasi Manajemen, JAD, RAD

Subjek

Enterprise Application Development
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI PENGAJUAN KENAIKAN JABATAN AKADEMIK DOSEN (JAD) FAKULTAS REKAYASA INDUSTRI TELKOM UNIVERSITY BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IMMANUEL HASINTONGAN CHRISTOPHER SINAMBELA
Perorangan
Luciana Andrawina, Rayinda Pramuditya Soesanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini